Saturday 15 June 2013

MAHASISWA KKN-PPM UNIMAL MELAKUKAN GO GREEN BERSAMA WARGA DI DESA LHOK BINTANG HU


Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Gampong Lhok Bintang Hu Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara melakukan kegiatan peduli lingkungan berupa Go Green di perkarangan meunasah dan lingkungan Desa Lhok Bintang Hu bersama warga. Kegiatan ini dilakukan sebagai kesadaran mahasiswa dalam partisipasi peduli lingkungan dengan harapan dapat mewujudkan lingkungan desa yang sejuk, indah dan asri dengan mengantisipasi adanya isu global warming.

Partisipasi dari warga desa tersebut sangat membantu program kegiatan Go Green ini, sehingga kegiatan ini cepat terselesaikan. Rasa kepedulian warga desa tersebut sangat kami apresiasikan, mereka merupakan sesosok masyarakat yang memiliki rasa kepedulian yang besar. 

Penanaman pohon ini dilakukan oleh mahasiswa KKN UNIMAL dan warga Lhok Bintang Hu sebanyak 150 pohon, diantanya mangga, mahoni, tanjung dan ketapang. Bibit pohon ini berasal dari bantuan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Aceh Utara.

Dalam kegiatan Go Green ini dilakukan oleh 9 mahasiswa yang sedang mengikuti KKN dari berbagai Jurusan/Program Studi di UNIMAL. Kegiatan Go Green ini bisa bermanfaat bukan saja jangka pendek melainkan jangka panjang. Kegiatan ini dilakukan karena kami menganggap pentingnya pelestarian lingkungan dan dapat membantu program pemerintah untuk menanam 1 miliyar pohon, sehingga terwujudnya linkungan desa yang tertata, sejuk, rapi, asri dan memiliki nilai estetis yang tinggi.

Aksi pelestarian lingkungan ini terwujud karena hasil dari kekreatifan mahasiswa dalam melihat peluang dan kegiatan apa yang sepatutnya dilakukan selama KKN ini berlangsung. Kegiatan KKN ini merupakan tempat mahasiswa mengapresiasikan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat sehingga terbentuknya mahasiswa yang skill saw potential dengan mengandalkan Tri Darma Perguruan Tinggi. Maka terciptalah sesosok intelektual muda yang siap bekerja di berbagai instansi dengan mengutamakan kepentingan masyarakat.

Berikut merupakan aksi peduli lingkungan berupa Go Green di perkarangan meunasah dan lingkungan Desa Lhok Bintang Hu.


penyerahan pohon sebagai seremonial aksi peduli lingkungan berupa go green

 aksi peduli lingkungan berupa go green

aksi peduli lingkungan berupa go green

aksi peduli lingkungan berupa go green 

 aksi peduli lingkungan berupa go green

 aksi peduli lingkungan berupa go green

0 komentar:

Post a Comment