Friday 14 June 2013

GAPURA DI DESA LHOK BINTANG HU_KKN-PPM UNIMAL_KELOMPOK 57

GAPURA DI DESA LHOK BINTANG HU HASIL KEGIATAN KKN-PPM UNIMAL
KELOMPOK 57


Hasil pembangunan gapura di gampong Lhok Bintang Hu

Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Gampong Lhok Bintang Hu Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara membuat gapura diperbatasan desa sebagai tanda memasuki area desa tersebut.

Program Kerja pembuatan gapura ini untuk melengkapi sarana dan prasarana yang belum ada di desa tersebut. Sehingga dengan adanya mahasiswa  KKN-PPM di desa tersebut dapat membantu pembangunan desa baik yang berbentuk fisik maupun non-fisik (sumber daya manusia).

Pembuatan gapura ini dilakukan oleh mahasiswa KKN UNIMAL yang ditugaskan di Gampong Lhok Bintang Hu sebanyak 9 mahasiswa yang berasal dari beberapa Fakultas dan Jurusan di Universitas Malikussaleh. Selain itu partisipasi warga juga sangat membantu dalam penyelesaian gapura tersebut. Warga desa yang sangat berperan penting dalam kegiatan tersebut yaitu Dedi Saputra. Keistimewaan yang kami berikan dikarenakan dia merupakan sesosok orang yang sangat antusias dalam menyukseskan kegiatan yang dilakukan di desa tersebut.

Dalam tahap perancangan gapura tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi saya, dikarenakan ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan oleh seorang arsitek dalam mendesain sesuatu baik dari segi harga, estetika, material dan kontruksi.

Untuk material yang digunakan yaitu berupa struktur bambu tujuannya yaitu untuk menimalisir biaya yang dibutuhkan untuk terbangunnya gapura tersebut. Selain itu pemilihan struktur bambu dikarenakan sudah adanya material bambu dipekarangan mushalla dengan kata lain memanfaatkan material bekas hasil dari pranca pembangunan mushalla di desa tersebut sehingga biaya yang dibutuhkan sangat ekonomis dan sesuai dengan kantong mahasiswa.

Sedangkan untuk kontruksinya digunakan tali serabut kulit kelapa dan paku untuk pengikat. Peran tali dalam desain gapura tersebut selain peran utamanya sebagai kontruksi gapura itu sendiri, tali juga berperan sebagai estetika dalam perancangan gapura tersebut.

Berikut merupakan tahapan-tahapan pengerjaan gapura di Gampong Lhok Bintang Hu.


 Survei Lapangan untuk proses perencanaan


 proses permulaan pembuatan gapura

  proses pembuatan gapura

  penyambungan tali untuk kontruksi pembuatan gapura

  proses pembuatan gapura

  proses pembuatan gapura

gapura yang sudah mencapai 50 % pembuatannya

  proses pembuatan gapura

  proses pembuatan gapura dalam bentuk finising

   proses pembuatan gapura dalam bentuk finising

 
Hasil pembangunan gapura di gampong Lhok Bintang Hu
Berikut merupakan nama-nama mahasiswa KKN-PPM Kelompok 57 yang berpartisipasi dalam pembuatan gapura di Desa Lhok Bintang Hu :
  1. Ahlul Zikri Jurusan Teknik Arsitektur
  2. Israfil Jurusan Sosiologi
  3. Muhammad Ayani Jurusan Teknik Mesin
  4. Muhammad Ichsan Jurusan Teknik Informatika
  5. Nasdi Adiansyah Jurusan Ekonomi Pembangunan
  6. Agustina Jurusan Akuntansi
  7. Nahrul Rizki Jurusan Ilmu Administrasi Negara
  8. Badriah Jurusan Hukum
  9. Nazariah Jurusan Agroekoteknologi


0 komentar:

Post a Comment