ARSITEKTUR NEO-VERNAKULAR
A.
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Pada dunia arsitektur kita mengetahui terdapat beberapa
periode di dalam perkembangannya. Dimulai dari zaman klasik berkembang aliran
arsitektur seperti Gotic, Renaissance kemudian dilanjutkan dengan
periode modern, Pada periode ini muncul gaya-gaya arsitektur modern maupun
postmodern. Arsitektur modern dan arsitektur postmodern lahir pada periode yang
hampir bersamaan. Walaupun berada pada satu periode yang hampir bersamaan,
tetapi antara arsitektur modern dan arsitektur postmodern memiliki beberapa
perbadaan walaupun tidak banyak.
Arsitektur Neo Vernakular adalah salah satu paham atau
aliran yang berkembang pada era Post Modern yaitu aliran arsitektur yang muncul
pada pertengahan tahun 1960-an, Post Modern lahir disebabkan pada era modern
timbul protes dari para arsitek terhadap pola-pola yang berkesan monoton
(bangunan berbentuk kotak-kotak). Oleh sebab itu, lahirlah aliran-aliran baru
yaitu Post Modern.
Ada 6(enam) aliran yang
muncul pada era Post Modern menurut Charles A. Jenck diantaranya, historiscism,
straight revivalism, neo vernakular, contextualism,
methapor dan post modern space. Dimana menurut Budi A Sukada (1988) dari semua
aliran yang berkembang pada Era Post Modern ini memiliki 10 (sepuluh) ciri-ciri
arsitektur sebagai berikut.
1.
Mengandung unsur komunikatif yang bersikap
lokal atau populer.
2.
Membangkitkan kembali kenangan historik.
3.
Berkonteks urban.
4.
Menerapkan kembali teknik ornamentasi.
5.
Bersifat representasional (mewakili
seluruhnya).
6.
Berwujud metaforik (dapat berarti bentuk
lain).
7.
Dihasilkan dari partisipasi.
8.
Mencerminkan aspirasi umum.
9.
Bersifat plural.
10. Bersifat
ekletik.
Untuk dapat dikategorikan sebagai arsitektur post modern
tidak harus memenuhi kesepuluh dari ciri-ciri diatas. Sebuah karya arsitektur
yang memiliki enam atau tujuh dari ciri-ciri diatas sudah dapat dikategorikan
kedalam arsitektur post modern.
Charles Jenks seorang tokoh
pencetus lahirnya post modern menyebutkan tiga alasan yang mendasari timbulnya
era post modern, yaitu.
1. Kehidupan
sudah berkembang dari dunia serba terbatas ke dunia tanpa batas, ini disebabkan
oleh cepatnya komunikasi dan tingginya daya tiru manusia.
2.
Canggihnya teknologi menghasilkan
produk-produk yang bersifat pribadi.
3. Adanya
kecenderungan untuk kembali kepada nilai-nilai tradisional atau daerah, sebuah
kecenderungan manusia untuk menoleh ke belakang.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa arsitektur
post modern dan aliran-alirannya merupakan arsitektur yang menggabungkan antara
tradisional dengan non tradisinal, modern dengan setengah nonmodern, perpaduan
yang lama dengan yang baru. Dalam timeline arsitektur modern, vernakular berada
pada posisi arsitektur modern awal dan berkembang menjadi Neo Vernakular pada
masa modern akhir setelah terjadi eklektisme dan kritikan-kritikan terhadap
arsitektur modern.
Kriteria-kriteria yang
mempengaruhi arsitektur Neo Vernakular adalah sebagai berikut.
1. Bentuk-bentuk
menerapkan unsur budaya, lingkungan termasuk iklim setempat diungkapkan dalam
bentuk fisik arsitektural (tata letak denah, detail, struktur dan ornamen)
2. Tidak
hanya elemen fisik yang diterapkan dalam bentuk modern, tetapi juga elemen
nonfisik yaitu budaya pola pikir, kepercayaan, tata letak yang mengacu pada
makro kosmos dan lainnya menjadi konsep dan kriteria perancangan.
3. Produk
pada bangunan ini tidak murni menerapkan prinsip-prinsip bangunan vernakular
melainkan karya baru (mengutamakan penampilan visualnya).
Jadi latar belakang penerapan tema arsitektur neo
vernakular pada pasar terpadu berkeinginan melestarikan unsur-unsur atau ciri
arsitektur lokal dengan unsur-unsur modern yang berkembang saat ini agar lebih
menarik pengunjung dan penjual untuk menggunakan fasilitas pasar yang akan
direncanakan. Penggunaan arsitektur Neo Vernakular sebagai style pasar terpadu
Lhoksukon dikarenakan pasar ini merupakan pasar tradisional yang patut di
kembangkan agar lebih layak untuk digunakan oleh penjual dan
pengunjung/pembeli.
2.
Pengertian
Arsitektur Neo Vernakular
Arsitektur neo-vernakular, tidak hanya
menerapkan elemen-elemen fisik yang diterapkan dalam bentuk modern tapi juga
elemen non fisik seperti budaya, pola pikir, kepercayaan, tata letak, religi
dan lain-lain.
Bangunan adalah sebuah kebudayaan seni yang
terdiri dalam pengulangan dari jumlah tipe-tipe yang terbatas dan dalam
penyesuaiannya terhadap iklim lokal, material dan adat istiadat. (Leon Krier).
Neo berasal dari bahasa yunani dan digunakan sebagai fonim yang berarti
baru. Jadi neo-vernacular berarti bahasa setempat yang di ucapkan dengan
cara baru, arsitektur neo-vernacular adalah suatu penerapan elemen arsitektur
yang telah ada, baik fisik (bentuk, konstruksi) maupun non fisik (konsep,
filosopi, tata ruang) dengan tujuan melestarikan unsur-unsur lokal yang telah
terbentuk secara empiris oleh sebuah tradisi yang kemudian sedikit atau
banyaknya mangalami pembaruan menuju suatu karya yang lebih modern atau maju
tanpa mengesampingkan nilai-nilai tradisi setempat.
Arsitektur
Neo-Vernacular merupakan suatu paham dari aliran Arsitektur Post-Modern yang
lahir sebagai respon dan kritik atas modernisme yang mengutamakan nilai
rasionalisme dan fungsionalisme yang dipengaruhi perkembangan teknologi
industri. Arsitektur Neo-Vernacular merupakan arsitektur yang konsepnya pada
prinsipnya mempertimbangkan kaidah-kaidah normative, kosmologis, peran serta
budaya lokal dalam kehidupan masyarakat serta keselarasan antara bangunan,
alam, dan lingkungan.
“pada intinya
arsitektur Neo-Vernacular merupakan perpaduan antara bangunan modern dengan
bangunan bata pada abad 19”
Batu-bata dalam
kutipan diatas ditujukan pada pengertian elemen-elemen arsitektur lokal, baik
budaya masyarakat maupun bahan-bahan material lokal.
Aliran Arsitektur
Neo-Vernacular sangat mudah dikenal dan memiliki kelengkapan berikut ini :
hampir selalu beratap bubungan, detrail terpotong, banyak keindahan dan bata-bata.
Bata itu manusiawi, jadi slogannya begitu manusiawi.
Arsitektur neo-vernakular, banyak ditemukan
bentuk-bentuk yang sangat modern namun dalam penerapannya masih menggunakan
konsep lama daerah setempat yang dikemas dalam bentuk yang modern. Arsitektur
neo-vernakular ini menunjukkan suatu bentuk yang modern tapi masih memiliki image daerah setempat walaupun material
yang digunakan adalah bahan modern seperti kaca dan logam. Dalam arsitektur
neo-vernakular, ide bentuk-bentuk diambil dari vernakular aslinya yang dikembangkan dalam bentuk modern.
B.
CIRI-CIRI
GAYA ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR
Dari pernyataan Charles Jencks dalam bukunya “language
of Post-Modern Architecture” maka dapat dipaparkan ciri-ciri Arsitektur
Neo-Vernacular sebagai berikut :
Ø Selalu menggunakan atap bumbungan
Atap bumbungan menutupi tingkat bagian tembok sampai
hampir ke tanah sehingga lebih banyak atap yang di ibaratkan sebagai elemen
pelidung dan penyambut dari pada tembok yang digambarkan sebagai elemen
pertahanan yang menyimbolkan permusuhan.
Ø Batu bata (dalam hal ini merupakan elemen konstruksi
lokal)
Bangunan
didominasi penggunaan batu bata abad 19 gaya Victorian yang merupakan budaya
dari arsitektur barat.
Ø Mengembalikan bentuk-bentuk tradisional yang ramah
lingkungan dengan proporsi yang lebih vertikal.
Ø Kesatuan antara interior yang terbuka melalui elemen
yang modern dengan ruang terbuka di luar bangunan.
Ø Warna-warna yang kuat dan kontras.
Dari ciri-ciri di atas dapat dilihat bahwa
Arsitektur Neo-Vernacular tidak ditujukan pada arsitektur modern atau
arsitektur tradisional tetapi lelbih pada keduanya. Hubungan antara kedua
bentuk arsitektur diatas ditunjukkan dengan jelas dan tepat oleh Neo-Vernacular
melalui trend akan rehabilitasi dan pemakaian kembali.
Ø
Pemakaian atap miring
Ø
Batu bata sebagai
elemen local
Ø
Susunan masa yang
indah.
Mendapatkan
unsur-unsur baru dapat dicapai dengan pencampuran antara unsur setempat dengan
teknologi modern, tapi masih mempertimbangkan unsur setempat.
Ciri-ciri
:
a) Bentuk-bentuk
menerapkan unsur budaya, lingkungan termasuk iklim setempat diungkapkan dalam
bentuk fisik arsitektural (tata letak
denah, detail, struktur dan ornamen).
b) Tidak
hanya elemen fisik yang diterapkan dalam bentuk modern, tetapi juga elemen
non-fisik yaitu budaya , pola pikir, kepercayaan, tata letak yang mengacu pada
makro kosmos, religi dan lainnya menjadi konsep dan kriteria perancangan.
c) Produk
pada bangunan ini tidak murni menerapkan prinsip-prinsip bangunan vernakular
melainkan karya baru (mangutamakan penampilan visualnya).
C.
PRINSIP DESAIN ARSITEKTUR NEO -
VERNAKULAR
Adapun
beberapa prinsip-prinsip desain arsitektur Neo-Vernakular secara terperinci,
yaitu :
a. Hubungan
Langsung, merupakan pembangunan yang kreatif dan adaptif terhadap arsitektur
setempat disesuaikan dengan nilai-nilai/fungsi dari bangunan sekarang.
b. Hubungan Abstrak, meliputi interprestasi ke dalam bentuk
bangunan yang dapat dipakai melalui analisa tradisi budaya dan peninggalan
arsitektur.
c. Hubungan Lansekap, mencerminkan dan menginterprestasikan
lingkungan seperti kondisi fisik termasuk topografi dan iklim
d. Hubungan Kontemporer, meliputi pemilihan penggunaan
teknologi, bentuk ide yang relevan dengan program konsep arsitektur
e. Hubungan Masa Depan, merupakan pertimbangan
mengantisipasi kondisi yang akan datang.
D.
TINJAUAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR
Perbandingan
|
Tradisional
|
Vernakular
|
Neo Vernakular
|
Ideologi
|
Terbentuk oleh tradisi yang diwariskan secara
turun-temurun, berdasarkan kultur dan kondisi lokal.
|
Terbentuk oleh tradisi turun temurun tetapi terdapat pengaruh
dari luar baik fisik maupun nonfisik, bentuk perkembangan arsitektur
tradisional.
|
Penerapan elemen arsitektur yang sudah ada dan kemudian
sedikit atau banyaknya mengalami pembaruan menuju suatu karya yang modern.
|
Prinsip
|
Tertutup dari perubahan zaman, terpaut pada satu kultur
kedaerahan, dan mempunyai peraturan dan norma-norma keagamaan yang kental
|
Berkembang setiap waktu untuk merefleksikan lingkungan,
budaya dan sejarrah dari daerah dimana arsitektur tersebut berada.
Transformasi dari situasi kultur homogen ke situasi yang lebih heterogen.
|
Arsitektur yang bertujuan melestarikan unsur-unsur
lokal yang telah terbentuk secara empiris oleh tradisi dan mengembangkannya
menjadi suatu langgam yang modern. Kelanjutan dari arsitektur vernakular
|
Ide Desain
|
Lebih mementingkan fasat atau bentuk, ornamen sebagai
suatu keharusan.
|
Ornamen sebagai pelengkap, tidak meninggalkan nila-
nilai setempat tetapi dapat melayani aktifitas masyarakat di dalam.
|
Bentuk desain lebih modern.
|
Tabel.
Perbandingan arsitektur Ttradisional, Vernakular dan Neo Vernakular.
Sumber
: Sonny Susanto, Joko Triyono, Yulianto Sumalyo
Dalam hal ini, pengertian vernakular
arsitektur sering juga disamakan dengan arsitektur tradisional dan dapat
diartikan bahwa secara konotatif kata tradisi dapat diartikan sebagai pewarisan
atau penerusan norma-norma adat istiadat atau pewaris budaya yang turun temurun
dari generasi ke generasi. Arsitektur dan bangunan tradisional merupakan hasil
seni budaya tradisional, yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari hidup
manusia budaya tradisional, yang mampu memberikan ikatan lahir batin.
Di dunia global, kata tradisional sering
digunakan untuk membedakan dengan modern. Di indonesia, sebutan yang berasal
dari kata belanda “traditionell Architectur”,
pada waktu itu istilah ini diberikan untuk karya-karya arsitektur asli daerah
di indonesia, salah satu alasannya adalah untuk membedakan jenis arsitektur
yang timbul dan berkembang dan merupakan karakteristik suku-suku bangsa di
indonesia dari
jenis arsitektur yang tumbuh dan berkembang atas dasar pemikiran dan perkembangan arsitektur di Eropa,
khususnya arsitektur kolonial Belanda.
Kata tradisional berasal dari kata tradisi
yang di indonesia sama artinya dengan adat, kata adat ini di adopsi dari bahasa
Arab. Sehingga seringkali bangunan tradisional disebut dengan “rumah adat”.
Pada prinsipnya, baik di dunia global dan indonesia, kata tradisional diartikan
sebagai sesuatu yang dilakukan secara turun temurun dari generasi ke generasi.
Selain itu istilah-istilah lain sering
bersentuhan arti dan maknanya dengan vernakular arsitektur yaitu arsitektur
rakyat (folk architecture), arsitektur lokal atau kontekstual (indigenous
architecture) bahkan ada juga yang kemiripan dengan arsitektur alamiah
(spontanous architecture). Secara garis arsitektur rakyat diartikan sebagai
arsitektur yang menyimbolkan budaya suatu suku bangsa dengan beberapa atribut
yang melekat dengannya. Sementara itu, arsitektur lokal atau kontekstual,
adalah arsitektural yang beradaptasi dengan kondisi budaya, geografi, iklim dan
lingkungan, dan arsitektur alamiah adalah arsitektur yang dibangun oleh satu
masyarakat berdasarkan proses alamiah seperti kebutuhan dasar manusia.
Maka dapat dipahami bahwa pada dasarnya
prinsip asrsitektur Neo-vernakular adalah melestarikan unsur-unsur lokal
sehingga bentuk dan
sistemnya terutama yang berkaitan dengan iklim setempat, seperti penghawaan,
pencahayaan alamiah, antisipasi terhadap regionalisme yang merupakan aspek
mendasar. Dalam pendekatan ini arsitektur Neo Vernakular yang digunkan adalah
arsitektur tradisional aceh.
E.
PERBANDINGAN
NEO VERNAKULAR DENGAN REGIONALISME
Perbandingan
|
Regionalisme
|
Neo Vernakular
|
Pengertian
|
Region adalah daerah dan Isme adalah paham, jadi faham bersifat kedaerahan
|
Neo berarti baru, masa peralihan dan vernakular
adalah Native/asli/bahasa setempat,
jadi peralihan dari bentuk setempat
|
Ideologi
|
Menciptakan arsitektur yang kontekstual yang
tanggap terhadap kondisi lokal dan senantiasa mengacu pada tradisi, warisan
sejarah serta makna ruang dan tempat
|
Fokus kepada penerapan elemen arsitektur yang
sudah ada dari hasil vernakular dan kemudian sedikit atau banyaknya mengalami
pembaruan menuju suatu karya yang modern.
|
Prinsip
|
Mengarah pada pemenuhan
kepuasan dan ekspresi jati diri yang mengacu pada
masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang dan masih tergantung pada vernakularisme
|
Arsitektur yang bertujuan melestarikan unsur-unsur
lokal yang telah terbentuk secara empiris oleh tradisi dan mengembangkannya
menjadi suatu langgam yang modern dan
kelanjutan dari arsitektur vernakular.
|
Konsep Desain
|
Masih cenderung hanya meniru bentuk fisik, ragam
dan gaya-gaya tradisional yang sudah dimiliki oleh masyarakat setempat.
|
Bentuk desain lebih modern dan mencoba menampilkan
karya baru.
|
Kriteria
|
·
Menggunakan bahan bangunan lokal deengan teknologi
modern.
·
Tanggap dalam mengatasi pada kondisi iklim
setempat
·
Mengacu pada tradisi, warisan sejarah serta makna
ruang dan tempat.
·
Mencari makna dan substansi cultural, bukan
gaya/style sebagai produk akhir
|
·
Bentuk-bentuk menerapkan unsur budaya, lingkungan
termasuk iklim setempat diuungkapkan dalam bentuk fisik arsitektural (tata
letak denah, detail, struktur dan ornamen)
·
Tidak elemen fisik yang diterapkan dalam bentuk
modern, tetapi juga elemen nonfisik yaitu budaya pola pikir, kepercayaan,
tata letak yang mengacu pada makro kosmos, religius dan lainnya menjadi
konsep dan kriteria perancangan.
·
Produk pada bangunan ini tidak murni menerapkan
prinsip-prinsip bangunan vernakular melainkan karya baru (mengutamakan
penampilaan visualnya)
|
Tabel. Perbandingan Regionalisme dengan Neo
Vernakular
Sumber : Aplikasi regionalism dan Neo Vernakular
dalam desain bangunan. Agus Dharma dan Hasan Sadli, http://staffsite.gunadharma.ac.id
Dalam prinsip perancangan Henri M.P, yang mencoba
memadukan kekuatan-kekuatan lokal berupa arsitektur, budaya, masyarakat dan
alam, dimana pada bangunan yang dirancangnya. Tidak pernah menemukan suatu
karya arsitektur yang dapat mewakili ciri khas budaya san sosial daerah
masing-masing, serta mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh lingkungan di sekitarnya. Dengan
teori-teorinya, Henri Maclaine Pont berusaha untuk menjawab
permasalahan-permasalahan yang ada.
Dalam
membangun suatu bangunan, Henri M.P, memegang teguh beberapa filsafat arsitektur yang
menginginkan agar keberadaan bangunan dapat menjadi bagian dari lingkungan
sekitar bangunan tersebut dengan sangat memperhatikan tentang iklim dan
masyarakat sekitar bangunannya. Sehingga dapat memperhatikan adat istiadat dan
kepercayaan masyarakat setempat.
Teori
Henri M.P, kaidah arsitektur yang pernah ditampilkan pada karya-karyanya adalah
sebagai berikut.
1. Pendekatan
pada faktor budaya dan alam dimana ia membangun sehingga karya arsitektural
merupakan jawaban dari kebutuhan sosial.
2. Pada
setiap karya arsitektural harus dapat tercermin adanya hubungan yang logis
antara bangunan dengan lingkungannya.
3.
Menggali akar budaya arsitektur klasik,
dikaji dan kemudian dipadukan dengan arsitektur modern.
Falsafah adaptasi regionalisme yaitu
adanya dialog antara tradisional dan modern. Struktur bangunan dapat berkembang
mengikuti teknik dan metode baru, namun ungkapan arsitektural tetap dalam
semangat tempat dan budaya lokal. Henri M.P, memberikan penekanan pada kesatuan
antara bentuk, fungsi dan kontruksi. Sebagai ungkapan spiritual dari suatu
kelompok masyarakat, maka gaya arsitektur harus mempunyai jawaban dari
kebutuhan sosial masyarakat tersebut.
Menurut pandangan Henri M.P adalah
penting dalam arsitektur adanya hubungan logis antara bangunan dengan
lingkungannya. Kesadaran bahwa lingkungan secara keseluruhan menjadi bagian
yang menyatu dengan bangunan sehingga dalam merancang, Henri M.P, selalu
memperhatikan adat dan budaya setempat.
F.
KATA
KUNCI
Country Life = kehidupan negara
klasik = bersifat
seperti seni klasik, yaitu sederhana, serasi, dan tidak berlebihan; termasyhur
karena bersejarah: bangunan -- peninggalan zaman; tradisional dan indah
Stone of
Remembrance = Batu Kenangan
fellow dari
royal academy = setelah sebelumnya menjadi associate akademi
Tropikal
= Dari atau berkaitan
dengan daerah tropis
Natural
= bersifat
alam; alamiah; bebas dr pengaruh; bukan buatan; asli.
Machiya merupakan townhouse tradisional Jepang, berupa
rumah yang terbuat dari material kayu dengan fasad sempit dan berupa massa
memanjang kebelakang.
G.
ARSITEK
1.
Biografi Sir
Edwin Lutyens Landseer (1869-1944)
Gambar Sir
Edwin Landseer Lutyens
Sir Edwin Landseer Lutyens
dinamai pelukis , seorang teman
keluarga - lahir di London pada 1869 dan meninggal di sana kanker tujuh puluh
lima tahun kemudian. Pada waktu itu, saya bertanya-tanya, apakah dia merancang
bangunan lebih dan kenangan daripada arsitek lain dalam sejarah? "
Beberapa tahun ia memiliki setengah lusin di mana saja pada saat yang sama,
masing-masing dengan gaya tersendiri itu - yang berubah dari Gerakan Seni dan Kerajinan di
abad kesembilan belas, untuk rasa yang lebih klasik dalam kedua puluh awal,
untuk campuran Eropa dan India pada tahun 1920, dan dengan apa yang disebut
penulis biografi "disederhanakan Ratu Anne." Di antara bangunan itu
adalah Kedutaan Besar Inggris di Washington, House Raja Muda di New Delhi, Puri
Drogo di Devon, gereja, perkantoran, rumah domestik, kuburan, monumen, tugu
peringatan dan, paling tidak, Cenotaph - sebuah persegi panjang sederhana dari batu
Portland - di Whitehall.
Ia adalah anak kesepuluh dari tigabelas bersaudara
dalam sebuah keluarga Victoria besar tapi terlalu halus untuk pergi ke sekolah.
Tidak pergi ke sekolah publik, katanya, meninggalkan dia malu dengan komite dan
pejabat tetapi mengajarinya untuk melihat dan berpikir untuk dirinya sendiri -
misalnya sebagai anak kecil ia menciptakan sendiri buatan sketsa dari sebuah
persegi kaca polos. Dia melihat bangunan melalui itu sementara menelusuri garis
besar mereka pada kaca dengan tongkat tajam sabun. Secara profesional, dia
mulai mempelajari arsitektur di South Kensington School of Art (sekarang Royal
College) antara 1885-7. Tentu saja itu tidak pernah selesai dan tahun depan ia
pergi sebagai murid membayar kepada perusahaan dari Ernst George dan Peto
sebelum mendirikan praktek sendiri ketika ia masih hanya sembilan belas. Pada
tahun 1889 ia ditugaskan untuk membangun sebuah rumah pribadi kecil,
Crooksbury, dekat Farnham di Surrey. Segera, gayanya dipengaruhi oleh Philip Webb dan William Morris . Sekarang juga, ia bertemu
Gertrude Jekyll, perancang taman. Bersama-sama mereka dirancang dan dibangun
sejumlah rumah dengan taman Jekyll khas, termasuk rumahnya sendiri, Munstead
Wood. Seringkali hasilnya diterbitkan - dan dipublikasikan - dalam Kehidupan
Negara Edward Hudson majalah (masih kuat, masih menampilkan rumah-rumah
negara). Kemudian Lutyens dikembalikan Lindisfarne Castle, di Holy Island di
lepas pantai Northumberland, yang dimiliki oleh Hudson pada saat itu.
Pada 1900 dia datang di bawah pengaruh Norman Shaw dan gaya Renaisans
Inggris. Sekarang, juga, ia juga merancang bangunan kantor. Pada tahun 1908 dia
adalah arsitek untuk pinggiran Taman Hampstead baru, merancang pusat sipil dan
dua gereja. Pada tahun 1909 dia adalah seorang arsitek konsultasi di pameran
internasional di Turin dan Roma - bangunan Romawi adalah hari ini British
School di kota itu. Selama tahun ini, juga, dia berada di Afrika Selatan
merancang Jo'burg Art Gallery dan Rand war memorial. Pada tahun 1910 ia diminta
untuk merancang benteng Inggris terbaru - Castle Drogo di Devon. Butuh waktu
dua puluh dua tahun untuk membangun dan kini dimiliki oleh National Trust.
Pada tahun 1912 dia adalah bagian dari Komisi
Perencanaan yang dibangun New Delhi pada suatu lokasi lahan hijau sebagai kursi
Pemerintahan baru di India. Lutyens dirancang rumah Gubernur Jenderal (antara
lain). Untuk itu ia menemukan satu lagi gaya baru arsitektur - bagian India,
bagian Eropa - yang ia gunakan kemudian untuk Campion Hall, sebuah perguruan
tinggi baru di Oxford. Rekan arsitek adalah Sir Herbert Baker, seorang pria
yang pertama berada di belakang kantor Peto pada tahun 1880-an. Ada profesional
yang serius jatuh antara dua orang, tampaknya lebih penentuan tapak dan
pendekatan ke Rumah Raja Muda. Dia, Lutyens mengatakan, bertemu Bakerloo nya.
(Sebuah lelucon yang lebih masuk akal jika Anda tahu bahwa Bakerloo adalah
jalur kereta api bawah tanah London.)
2.
Praktek Swasta
Dia mulai
praktek sendiri pada tahun 1888, komisi pertamanya menjadi rumah pribadi di
Crooksbury, Farnham , Surrey . Selama
pekerjaan ini, ia bertemu dengan desainer taman dan holtikultura Gertrude Jekyll . Pada 1896 ia mulai bekerja pada sebuah rumah untuk
di Jekyll Munstead Kayu, Godalming , Surrey . Itu
adalah awal dari kemitraan profesional yang akan menentukan tampilan rumah
negara Lutyens banyak.
The
"Lutyens-Jekyll" kebun meluap dengan semak-semak kuat dan penanaman
herba dalam arsitektur perusahaan classicising tangga dan teras balustraded. Gaya
gabungan, dari formal dengan informal, dicontohkan oleh jalan bata, diperlunak
dengan batas herba mengepul, penuh bunga lili, bunga lupin , delphinium , dan lavender sangat
kontras langsung ke skema tempat tidur yang sangat formal disukai oleh generasi
sebelumnya dalam 19 abad. Ini baru "alami" gaya adalah untuk
mendefinisikan "taman Inggris" sampai zaman modern.
Ketenaran
Lutyens 'tumbuh terutama melalui popularitas dari majalah gaya hidup baru Country Life diciptakan oleh Edward Hudson , yang menampilkan banyak desain rumahnya. Hudson
adalah pengagum gaya Lutyens dan Lutyens ditugaskan untuk sejumlah proyek,
termasuk Lindisfarne Puri dan Hidup Negara gedung kantor pusat di
London, pada 8 Jalan Tavistock . Salah satu asistennya pada tahun 1890 adalah Maxwell Ayrton .
3. Pekerjaan
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Edwin_Lutyens&prev
Awalnya,
desain nya semua Seni dan Kerajinan gaya, sebuah contoh yang baik yang Overstrand Balai Norfolk dan Le Bois des Moutiers (1898) di Prancis, tetapi selama awal 1900-an
karyanya menjadi lebih klasik dalam gaya.
Komisi Nya yang bersifat bervariasi dari rumah-rumah pribadi untuk dua gereja
untuk baru Suburb Taman Hampstead di London untuk Julius Drewe 's Kastil Drogo dekat Drewsteignton di Devon dan untuk
kontribusi ke India baru kekaisaran modal, New Delhi, (di mana ia bekerja
sebagai kepala arsitek dengan Herbert Baker dan lain-lain). Dia juga merancang
Columbarium untuk keluarga Hannen di Wargrave. Di sini ia menambahkan elemen
gaya arsitektur lokal untuk nya klasisisme, dan berdasarkan skema urbanisasi
pada Mughal taman air. Dia juga merancang Gedung Hyderabad untuk yang terakhir Nizam dari
Hyderabad, sebagai istana Delhi nya.
Dia juga
merancang bangunan kapur, Marsh Pengadilan , di Hampshire, Inggris. Dibangun antara 1901 dan
1905, itu adalah yang terakhir dari desain Tudor dan didasarkan pada varian
kuno Rammed bumi teknik bangunan. Pada tahun 1903 gedung sekolah utama
dari Sekolah Prep Amesbury di Hindhead, Surrey, dirancang dan dibangun sebagai
tempat tinggal pribadi. Ini sekarang menjadi 2 kelas bangunan
terdaftar Signifikansi Nasional.
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Edwin_Lutyens&prev
Sebelum
akhir Perang Dunia I , ia diangkat sebagai salah satu dari tiga arsitek
utama untuk Imperial War Graves Komisi dan terlibat dengan penciptaan banyak monumen untuk memperingati orang mati . Pemakaman
yang lebih besar memiliki Stone of Remembrance, yang dirancang oleh Sir Edwin
Lutyens. Yang paling terkenal dari monumen ini adalah Cenotaph di Whitehall , Westminster , dan Memorial ke Hilang dari Somme , Thiepval . Cenotaph
ini awalnya ditugaskan oleh David Lloyd George sebagai struktur sementara untuk menjadi pusat dari
Parade Kemenangan Sekutu pada tahun 1919. Lloyd George mengusulkan panggung untuk peti mayat , sebuah platform kosong rendah, tapi itu ide Lutyens
'untuk monumen tinggi. Desain waktu kurang dari enam jam untuk
menyelesaikannya. Banyak peringatan perang lokal (seperti yang di Semua 'Orang Suci, Northampton ), Montreal, Quebec , Toronto, Ontario , Hamilton, Ontario , Victoria, British Columbia , dan Vancouver, British Columbia adalah Lutyens desain-berdasarkan Cenotaph tersebut.
Dia juga merancang War Memorial Gardens di Dublin , yang
dipulihkan pada 1990-an. Karya lainnya termasuk Tower Hill peringatan , dan (mirip di kemudian hari Gerbang India desain)
sebuah peringatan di Victoria Park di Leicester . Lutyens
juga diperbaharui Benteng Lindisfarne untuk pemilik kaya nya.
Dia gelar kebangsawanan pada tahun
1918 dan terpilih sebagai Fellow dari Royal Academy pada tahun 1921. Pada tahun 1924, ia diangkat sebagai
anggota baru dibuat Rupa Kerajaan Seni Komisi , posisi yang dipegangnya sampai kematiannya .
Sementara
pekerjaan terus di New Delhi, Lutyens terus menerima komisi lainnya termasuk
beberapa bangunan komersial di London dan Kedutaan Besar Inggris di Washington, DC .
Pada tahun
1924 dia menyelesaikan pengawasan pembangunan apa yang mungkin desain yang
paling populer: Rumah Boneka Queen Mary ' . Ini empat lantai Palladian villa
dibangun pada skala 1/12 dan sekarang menjadi pameran permanen di area publik Windsor Castle . Ini tidak dipahami atau dibangun sebagai mainan
untuk anak-anak; tujuannya adalah untuk menunjukkan keahlian terbaik Inggris
periode.
Lutyens
ditugaskan pada tahun 1929 untuk merancang baru Katolik Roma katedral di
Liverpool . Dia
merencanakan sebuah bangunan besar dari batu bata dan granit, atasnya dengan
menara dan kubah 510-kaki, dengan pekerjaan patung ditugaskan oleh Charles Sargeant Jagger dan WCH Raja . Bekerja pada bangunan megah ini dimulai pada 1933,
tapi dihentikan selama Perang Dunia Kedua . Setelah perang, proyek berakhir karena kekurangan
dana, dengan hanya ruang bawah tanah selesai. Sebuah model bangunan Lutyens
'belum direalisasi diberikan dan dikembalikan oleh ([Galeri Seni Walker]) pada
tahun 1975 dan sekarang dipamerkan di Museum Liverpool . Arsitek masa kini Liverpool Metropolitan Cathedral , yang dibangun lebih lahan yang berdekatan dengan
ruang bawah tanah dan ditahbiskan pada tahun 1967, adalah Sir Frederick Gibberd .
Pada tahun
1945, setahun setelah kematiannya, Sebuah Rencana untuk Kota & County Kingston upon Hull diterbitkan. Lutyens bekerja pada rencana dengan Sir Patrick Abercrombie dan mereka dikreditkan sebagai co-penulis. Pengenalan
Abercrombie dalam rencana membuat referensi khusus untuk kontribusi Lutyens.
Rencananya adalah, bagaimanapun, ditolak oleh Dewan Kota Hull.
3.1 New Delhi
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Edwin_Lutyens&prev
Sebagian
besar dirancang oleh Lutyens lebih dari dua puluh tahun atau lebih (1912-1930),
New Delhi , terletak
di dalam metropolis Jakarta , dipilih
untuk menggantikan Kalkuta sebagai
kursi dari pemerintah India Inggris pada tahun 1912; proyek selesai pada tahun
1929 dan diresmikan pada tahun 1931. Dalam menjalankan proyek ini, Lutyens
diciptakan urutannya baru mengenai arsitektur klasik, yang telah menjadi
dikenal sebagai "Orde Delhi" dan digunakan oleh dia untuk beberapa
desain di Inggris, seperti Campion Hall, Oxford . Berbeda dengan arsitek Inggris lebih tradisional
yang datang sebelum dia, ia terinspirasi oleh kedua dan dimasukkan berbagai
fitur dari India lokal dan tradisional archtecture-sesuatu yang paling jelas
terlihat dalam kubah drum dipasang besar Budha dari Gedung Gubernur Jenderal , sekarang Rashtrapati Bhavan . Bangunan megah, yang berisi 340 kamar, dibangun di
atas lahan seluas 330 hektar beberapa (1,3 km 2) dan menggabungkan taman
pribadi juga dirancang oleh Lutyens. Bangunan ini dirancang sebagai tempat
tinggal resmi Raja Muda India dan sekarang merupakan kediaman resmi Presiden India .
The
"Delhi Order" kolom di pintu masuk depan istana memiliki lonceng diukir
ke dalam mereka, yang telah disarankan, Lutyens telah dirancang dengan ide
bahwa sebagai lonceng diam kekuasaan Inggris tidak akan pernah berakhir. Pada
suatu waktu, lebih dari 2.000 orang diminta untuk merawat gedung dan melayani
rumah tangga Raja Muda itu.
Kota baru
berisi kedua gedung DPR dan kantor pemerintah (yang dirancang oleh Herbert
Baker) dan dibangun khas dari batu pasir merah lokal menggunakan tradisional Mughal gaya.
Saat membuat
rencana untuk New Delhi, Lutyens direncanakan untuk kota baru untuk berbohong
barat daya kota bertembok dari Shahjahanbad .
Rencananya untuk kota ini juga ditata rencana jalan ke New Delhi yang terdiri
dari lebar pohon-pohon jalan.
Dibangun
pada semangat pemerintahan kolonial Inggris, tempat di mana kota kekaisaran
baru dan pemukiman asli tua bertemu ini dimaksudkan untuk menjadi sebuah pasar;
di sanalah Lutyens membayangkan para pedagang India akan berpartisipasi dalam
"pusat perbelanjaan besar bagi penduduk Shahjahanabad dan New Delhi ",
sehingga menimbulkan pasar D-berbentuk dilihat hari ini.
Banyak
taman-bercincin villa di Lutyens 'Zona Bungalow (LBZ)-juga dikenal sebagai Lutyens 'Delhi -yang bagian dari skema asli Lutyens 'untuk New Delhi
berada di bawah ancaman karena tekanan konstan untuk pembangunan di Delhi. Para
LBZ ditempatkan pada tahun 2002 Dana Monumen Dunia Watch List dari 100 Situs yang paling terancam punah.
Perlu dicatat bahwa tidak ada bungalow di LBZ dirancang oleh Lutyens-ia hanya
dirancang empat bungalow di Kawasan Presiden sekitarnya Rashtrapati Bhavan di
Willingdon Crescent sekarang dikenal sebagai Ibu Teresa Crescent. Bangunan lain
di Delhi Lutyens yang dirancang termasuk Gedung Baroda , Bikaner Gedung , Gedung Hyderabad , Jaipur Gedung dan Patiala House .
Lutyens
dijadikan Panglima Knight dari Orde Kekaisaran India (KCIE) pada
tanggal 1 Januari 1930. Sebuah patung Lutyens di DPR Viceroy mantan adalah
patung-satunya orang Barat yang tersisa di posisi semula di New Delhi. Lutyens
'kerja di New Delhi merupakan fokus dari Robert Grant Irving 'Summer buku s India.
3.2 Irlandia
Pekerjaan di
Irlandia termasuk Nasional Irlandia War Memorial Gardens di Islandbridge Dublin , yang
terdiri dari jembatan di atas rel kereta api dan sebuah jembatan di atas sungai
Liffey (tidak terbangun) dan dua kebun cekung berjenjang; Heywood Gardens, County Laois (terbuka
untuk umum) yang terdiri dari taman lindung nilai, rumput, taman cekung
berjenjang dan koridor, perubahan luas dan ekstensi untuk Lambay Castle, Lambay Pulau dekat
Dublin terdiri dari benteng melingkar melampirkan istana dipulihkan, sebuah
desa dekat pelabuhan, lapangan tenis nyata, rumah ganda , sebuah perahu dan
sebuah kapel; perubahan dan ekstensi untuk Howth Puri , County Dublin , yang tidak terbangun Hugh Lane galeri
mengangkangi Sungai Liffey di situs dari Jembatan Ha'Penny dan Galeri Hugh terbangun Lane pada sisi barat Hijau St Stephen ; sebuah Lodge at Costelloe, County Galway (yang
digunakan untuk berlindung oleh Bruce Ismay J Ketua White Star Line setelah
tenggelamnya kapal Titanic) dan pondok berburu di utara County Donegal .
Di Irlandia
Utara, dia dikaitkan sebagai arsitek Gedung Stormont , Belfast , dirancang
sebagai rumah bagi Ketua Parlemen Irlandia Utara .
3.3 Spanyol
Di Madrid ia bekerja
dalam rekonstruksi Liria Istana , yang
rusak parah oleh pasukan Francisco Franco selama perang saudara Spanyol.
Karya-karya yang ditugaskan oleh Duke of Alba Jacobo
Fitz-James Stuart y Falco, yang telah bertemu Lutyens sementara ia adalah Duta
Besar Spanyol ke Inggris. Istana ini adalah bangunan neoklasik oleh arsitek Ventura Rodriguez, telah ditugaskan oleh saya Adipati Berwick dan Liria James Fitz-James untuk melayani Raja Philip V dari Spanyol .
4.
Pernikahan dan kemudian hari
Dua tahun
setelah ia melamarnya dan dalam menghadapi ketidaksetujuan orangtua, Lady Emily
Bulwer-Lytton (1874-1964), putri ketiga dari Edward Bulwer-Lytton Earl 1 dari Lytton , seorang mantan Raja Muda India,
dan Edith Villiers, menikah Lutyens pada 4 Agustus 1897 di Knebworth,
Hertfordshire. Mereka memiliki lima anak, tapi serikat sebagian besar tidak
memuaskan, praktis dari awal. Pernikahan Lutyens 'cepat memburuk, dengan Lady
Emily menjadi tertarik pada teosofi ,
agama-agama Timur dan daya tarik emosional dan filosofis-dengan Jiddu Krishnamurti.
Putri
pasangan Elisabeth Lutyens menjadi seorang komposer terkenal; lain putri, Mary Lutyens , menjadi
seorang penulis terkenal dengan buku-bukunya tentang Krishnamurti. Cucu A
adalah Nicholas Ridley , kabinet menteri di bawah Margaret Thatcher .
Anak-anak
1. Barbara
Lutyens (lahir 1898) menikah 10 Mei 1920 (sebagai istri ke-2 nya) Kapten Rt. Hon.
(David) Euan Wallace , MC, MP,
PC (1892-1941). (Euan Wallace pertama kali menikah dengan Lady 1913-1919 Idina Sackville , dan memiliki dua anak olehnya). Barbara ketiga dan
hanya bertahan putra (Wallace dan kedua anak yang lebih tua meninggal dalam
Perang Dunia Kedua) adalah Billy Wallace (b 1927)., pengawalan mantan Princess Margaret . Lutyens Barbara menikah kedua tahun 1945 Komandan Letnan Agar Herbert, USNR .
2. Robert
Lutyens (1901-1971 / 1972), seorang arsitek
dengan ayahnya, ia juga seorang desainer interior, wartawan, dan penulis. Dia
menikah dua kali dan memiliki seorang putra dari pernikahan pertamanya dan
Candia putri, pembuat furnitur, dengan pernikahan keduanya.
3. Ursula (1904-1967)
menikah 1924 yang ke-3 Viscount Ridley , oleh siapa isu termasuk Matius Ridley, 4 Viscount Ridley (lahir 1925) dan saudaranya Nicholas Ridley , Baron Ridley dari Liddesdale
(1929-1993), dan seorang putri.
4. Agnes Elisabeth Lutyens (1906-1983); dua kali menikah, dan memiliki masalah,
satu putra dan putri kembar dengan suami pertamanya. Dengan kedua suami-nya
Edward Clark, ia memiliki seorang putra yang lahir sebelum pernikahan.
5. Edith Mary Lutyens (1908-1999), sebuah pialang saham Anthony Rupert
Herbert Franklin Sewell. Mereka memiliki masalah, satu anak perempuan. Dia
menikah 2ndly 1945, sejarawan seni dan kerajaan pedagang bulu JG Link (w.
1997).
Selama
tahun-tahun terakhir hidupnya, Lutyens menderita dengan serangan beberapa
pneumonia. Pada awal 1940-an ia didiagnosis dengan kanker. Dia meninggal pada
tanggal 1 Januari 1944. Peringatan-Nya, yang dirancang oleh teman dan sesama
arsitek William Curtis Hijau , adalah di ruang bawah tanah Katedral St Paul di
London.
H.
CONTOH
BANGUNAN
1.
Bandara
Internasional Soekarno-Hatta
Berada di daerah sub urban Kota Jakarta dengan kapasitas 9
juta orang. Dirancang oleh Paul Andreu dari Prancis. Sebagian besar berkonstruksi
tiang dan balok (dari pipa-pipa baja) yang diekspose. Unit-unit dalam
terminal dihubungkan dengan
selasar terbuka yang sangat tropikal, sehingga pengunjungnya merasakan udara
alami dan sinar matahari. Unit ruang tunggu menggunakan arsitektur Joglo dalam
dimensi yang lebih besar, namun bentuk maupun sistem konstruksinya tidak
berbeda dari sopo guru dan usuk, dudur, takir, dan lain-lain dari elemen
konstruksi Jawa. Penggunaan material modern namun memiliki tampilan seperti
kayu yang diterapkan pada kolom- kolom di ruang tunggu memberikan kesan yang
modern namun natural.
Gambar
Bandara soekarno Hatta
Sumber:
http://www. airport.com
Gambar
Bandara Soekarno Hatta
Sumber:
http://www. airport.com
Pendekatan
Pemikiran Rancangan:
Bangunan Soekarno Hatta Airport ini merupakan
bangunan neo-vernakular yang dengan sangat jelas memperlihatkan konsep asli
vernakularnya seperti pada penggunaan bentuk-bentuk atap joglo dan atap-atap
pelana (lipat) yang banyak digunakan pada bangunan tradisional Indonesia.
Penggunaan material modern yang berkesan natural pada kolom-kolom bangunan ini
dapat diterapkan pada bangunan Pasar Tradisional agar terlihat kesan mendaerah
namun modern.
Selain itu penerapan konsep arsitektur
setempat dalam penggunaan tata ruang yang linear yang dipadu dengan teknologi modern cocok diterapkan pada Pasar Tradisional, agar
dapat terciptanya suatu bangunan modern yang masih memiliki image daerah, seperti ulee gajah pada sambungan balok-kolom
yang saling menembus yang banyak terdapat pada bangunan tradisional Aceh.
2.
Kuala
Lumpur International Airport
Gambar Kuala Lumpur International Airport
Sumber:
http://www. airport.com
Airport
yang terletak di Kuala Lumpur, Malaysia ini dirancang oleh Dr. Kisho Kurokawa. Airport berkapasitas 25 juta orang dalam
rencana pengembangannya akan dibuat jalur penghubung antara Kuala Lumpur dengan
pusat kota. Di lahan seluas 10.000 ha ini
Dr. Kisho Kurokawa merancang airport ini dengan gaya pencampuran identitas nasional Malaysia
dengan fasilitas high-tech sehingga
dapat mencerminkan Malaysia yang modern. Airport ini menjadi simbol kebanggaan
Nasional Malaysia dan menjadi kesan pertama yang menarik ketika para penumpang
tiba di Malaysia.
Gambar Kuala Lumpur International Airport
Sumber:
http://www. airport.com
Pendekatan Pemikiran Rancangan:
Kuala
Lumpur International Airport merupakan bangunan
neo-vernakular yang memiliki konsep vernakular yang cukup jelas, penggunaan
bentukan dan material atap yang melengkung mencerminkan Malaysia yang sangat
kental nuansa Islaminya namun dengan sentuhan material modern menjadi sangat modern namun tidak
meninggalkan unsur vernakularnya. Penggunaan material yang sesuai dengan konsep
vernakular inilah yang dapat diterapkan pada bangunan yang akan dirancang,
yaitu Pasar Tradisional yang modern
namun tidak meninggalkan unsur vernakular Acehnya.
Gambar Kuala Lumpur International Airport
Sumber:
http://www. airport.com
3. National Theatre Malaysia
Gambar National Theatre Malaysia
Sumber:
http://www. theatremalaysia.com
Bangunan teater daerah Malaysia ini merupakan
salah satu bangunan neo-vernakular di Malaysia. Terletak di Kuala Lumpur,
dengan fungsi sebagai teater daerah dan juga gedung pertunjukan, dengan
kapasitas 2000 orang yang menggunakan tiga tingkat balkon. Gedung Teater
Nasional Malaysia ini merupakan salah satu ciri Malaysia sehingga terlihat
sangat lekat sekali kesan budaya Malaysianya. Gedung ini didesain dengan
mengikuti konsep bangunan tradisional melayu Malaysia yang menggunakan atap
pelana yang tinggi. Dengan mengambil
bentuk vernakular yang jelas sekali dipadu dengan material yang modern
menjadikan Gedung Teater Nasional Malaysia ini terlihat modern namun tetap
memiliki ciri khas Malaysia.
Gambar
Interior National Theatre Malaysia
Sumber:
http://www. theatremalaysia.com
Pendekatan
Pemikiran Rancangan:
Gedung Teater Nasional Malaysia ini mengambil konsep vernakular dari rumah
tradisional melayu Malaysia dengan sangat jelas dan memberikan
pengulangan-pengulangan pada bagian atapnya yang bertingkat-tingkat. Atap
pelana yang biasanya digunakan pada bangunan rumah tradisional sangat tepat
diaplikasikan ke gedung teater ini karena gedung teater membutuhkan ruang yang
besar dan tinggi seperti pada rumah tradisional yang menggunakan atap yang
besar dan tinggi. Hal ini juga
yang diterapkan ke dalam bangunan Pasar Tradisional yang
menggunakan atap-atap dari rumah tradisional di Aceh.
Gambar
Eksterior National Theatre Malaysia
Sumber:
http://www. theatremalaysia.com
4. Asakusa Tourist Information Center
Gambar Asakusa Tourist Informasi Center
Asakusa Tourist Information Center merupakan
karya Kengo Kuma, yang merupakan sayembara desain Tourist Hotpsot yang diadakan pada tahun 2008 oleh pemerintah
Distrik Taito dan diikuti oleh 300 peserta.
Gambar
Pagoda kuil sensoji(kiri), gerbang kaminari(kanan)
Bangunan ini terletak
di seberang kuil Shinto di Jepang, Kuil Kinruzan Sensoji yang merupakan objek
wisata utama di Asakusa, Tokyo. Asakusa terkenal sebagai kota dengan atmosfer shitamachi yang kental. Kuil Sensoji
terkenal dengan lampion berukuran besar yang diletakkan pada gerbang Kaminari.
Gambar
Machiya di Jepang
Karya kengo kuma ini merupakan reinterpretasi
arsitektur vernacular dari bangunan machiya.
Machiya merupakan townhouse tradisional Jepang, berupa rumah yang terbuat dari
material kayu dengan fasad sempit dan berupa massa memanjang kebelakang.
Gambar
Asakusa Tourist Informasi Center
Jika machiya pada
umumnya terdiri satu setengah lantai, dua lantai hingga tiga lantai, maka
desain Kuma ini terdiri dari tujuh lantai. Atapnya berbentuk pelana bertumpuk,
mengorientasikan diri pada pagoda kuil sensoji yang yang memiliki atap bertumpuk, berjumlah lima buah. Lantai 1
dan 2 digunakan sebagai area utama pusat informasi dan lounge. Sedangkan lantai
3 digunakan sebagai kantor administrasi, lantai 4 hingga 6 digunakansebagai
galeri multifungsi maupun area aktivitas lain. Lantai 7 digunakan sebagai kafe.
5. Mapungubwe Interpretation Centre
Gambar
Mapungubwe interpretation center
Mapungubwe
Interpretation Centre merupakan karya Peter Rich.
Terletak di Afrika Selatan bagian utara yang berbatasan dengan Botswana dan
Zimbabwe, serta termasuk dalam kawasan Unesco World Heritage Site. Lokasi
bangunan ini selain merupakan daerah yang kaya dengan cultural heritage, juga memiliki kekayaan flora dan fauna serta
merupakan daerah bekas tambang emas pertama di Afrika.
Gambar
Eksteriol Mapungubwe Interpretation Center
Visitor Center seluas 1.500 m² ini
memiliki ruang yang berisi artifak serta sejarah tempat bangunan ini berada.
Selain itu juga terdapat fasilitas lain dan kantor pengelola. Desain bangunan
menyerupai dome yang merupakan bentuk rumah penduduk setempat dengan bagian
dalam berupa kubah.
Gambar
Interiol Mapungubwe Interpretation Center
Kubah-kubah lengkung ini didesain dengan
mengadaptasi sistem konstruksi setempat yang telah berumur 600 tahun dalam
upaya untuk menciptakan bangunan yang low-cost serta
ramah lingkungan. Material utama bangunan ini adalah batu paras dan ubin
sebagai pelapis dinding, serta kayu jenis mopane.
6. Bandara Internasional Minangkabau
Gambar Bandara International
Minangkabau
Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Minangkabau
Bangunan ini terletak di propinsi Sumatra
barat yang merupakan salah satu bangunan neo vernakular. Memiliki fungsi
sebagai tempat lepas landas, mendarat pesawat udara, dan pergerakan di
darat pesawat udara, dengan kapasitas mencapai
1,3 juta, dua kali lipat lebih dari yang ditargetkan pada tahun 2010 yaitu 622.000 penumpang. Bandar udara ini merupakan bandar
udara pertama dan satu-satunya di dunia yang memiliki nama suatu suku atau etnik, dimana dinamakan sesuai dengan etnik yang mendiami provinsi
Sumatera Barat yaitu Minangkabau. Bangunan ini sangat lekat
sekali dengan budaya minangkabau.
Bandara ini didesain dengan mengikuti konsep
bangunan tradisional minangkabau yang menggunakan atap gonjong atau bagonjong dengan bentuk puncak atapnya runcing yang menyerupai tanduk kerbau dan dahulunya dibuat dari bahan ijuk yang dapat tahan sampai puluhan tahun namun belakangan atap rumah ini banyak
berganti dengan atap seng. Dengan mengambil bentuk vernakular yang jelas sekali
dipadukan dengan material yang moderen menjadikan bandara Internasional
Minangkabau ini terlihat maderen namum tetap memiliki ciri khas daerah
mimangkabau yang terletak pada atapnya.
Gambar Bandara International
Minangkabau
Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Minangkabau
Penarapan tema neo vernakular pada Bandara internasional
minangkabau ini mengambil konsep vernakular dari rumah tradisional padang
dengan sangat jelas terdapat pada atap gonjong atau bagonjong
dengan bentuk puncak atapnya runcing yang menyerupai tanduk
kerbau.
- Arsitek : Zimmer Gunsul
Frasca
- Lokasi
: Santa
Barbara, California
- Tanggal
: 1999-2002
- Jenis
Bangunan : akademik laboratorium
dan ruang kelas
- Konstruksi
Sistem : beton dan rangka baja
·
Keberlanjutan : LEED Platinum, dengan
efisiensi energi yang aktif, pencahayaan, shading, tinggi bahan konten daur
ulang, photovoltaics 42KW - GEEB
·
Catatan :
"The Donald Bren Sekolah Ilmu Lingkungan dan Manajemen"
Sekolah Donald Bren di University of
California, Santa Barbara mengambil keuntungan dari pengaturan indah di dekat
Samudra Pasifik menjadi bangunan hijau yang mencakup lingkungan tidak hanya
untuk efisiensi, tapi untuk pengalaman. Dengan halaman terbuka mencolok,
memberikan kesempatan yang luas untuk interaksi sosial yang membuat transisi
antara indoor maupun outdoor lebih halus dan singkat dari bangunan.
Sekolah Bren juga memanfaatkan penerangan alami
untuk memanfaatkan pencahayaan alami sebagai pengganti lampu buatan sementara
memungkinkan koneksi pandangan yang lebih meningkatkan bangunan untuk lanskap.
Dan dengan jendela operal dan teknologi tinggi senors terhubung ke unit pemanas
yang berdekatan, Sekolah Bren cerdas mengambil keuntungan dari Santa Barbara
iklim terkenal moderat. Ini gedung kampus yang menawan dan mengesankan sebagai
kota mana ia berasal.
Gedung
Bren Hall dengan bahan yang berkelanjutan dan metode diperkirakan telah
ditambahkan hanya 2% untuk biaya bangunan, yang dengan mudah akan diperhitungkan
dari waktu ke waktu oleh tabungan energi.
"Untuk memastikan efisiensi penggunaan energi,
gedung ini dirancang untuk memanen cahaya alami, pemanasan, dan pendinginan.
Menghadapi laut, sayap kantor tidak memiliki AC dan bukannya bergantung pada aliran-melalui
ventilasi dengan jendela yang dapat dibuka dan transoms panen Daylight adalah.
ditambah dengan rencana pencahayaan yang menggabungkan hemat energi
perlengkapan dan lampu bersama dengan kontrol untuk gerakan dan cahaya ambient.
" - Donald Bren Sekolah
"LEED
berperan dalam menyediakan struktur untuk upaya penelitian dan juga sebagai
sarana untuk mengukur hasil."
Gambar
Ruang Sosial Halaman Gedung Donald Bren School of Environmental Science & Management. Santa Barbara, California
Gambar Interior Auditorium Donald Bren School of Environmental Science & Management. Santa Barbara, California
Kantor bupati kabupaten kampar berada di
kompleks kantor pemerintah kabupaten kampar di bukit candika kota bangkinang,
daerah ini merupakan kompleks terpadu kantor pemerintahan kabupaten kampar yang
baru dimana sebelumnya kantor bupati kampar berada di jalan SM.amin. karena
berada di jalan lintas sumatra. pemindahan kantor pemerintah ke tempat yang
lebih luas dan berada jauh dari pusat kota merupakan ide brilian selain jauh
dari aktifikas perdagangan serta jalan lintas, pemindahan ini juga bisa memicu
perkembangan kota bangkinang lebih besar lagi. tidak terfokus di daerah yang
lama saja sehingga akan menyebabkan kesemerautan kota. kompleks kantor
pemerintah secara langsung maupun tidak langsung meniru konsep kantor
pemerintah di negara malaysia yang semua kantor pemerintah di bangun di dalam
satu kompleks biar lebih mudah untuk segala urusan.
Gambar Kantor
Bupati Kabupaten Kampar
Kantor Bupati Kabupaten Kampar ini berada di
Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kampar disekitar Kantor Bupati ini
juga terdapat beberapa Kantor Dinas, Kantor DPRD Kabupaten Kampar dan juga
Gedung Olahraga. Kampar sebagai Kabupaten senior yang bukan Kabupaten Pemekaran
cukup berani juga menganggarkan pembangunan kantor baru.
Kantor baru bupati kampar ini terlihat megah
dengan aristektur lokal yang di padukan dengan arsitektur modern. di depan
kantor bupati ini juga di lengkapi sebuah kolam yang cukup besar.
Penerapan konsep arsitektur neo
vernakular pada bangunan ini mengambil konsep vernakular dari rumah tradisional
kampar yang sangat jelas terlihat pada bentuk perabung (bubungan) atapnya
melentik mengarah langit.
Gambar Tampak
Samping Kantor Bupati Kabupaten Kampar
9. Kantor Dinas Pertambangan, Energi dan Sumber Daya Mineral
provinsi sulawesi barat
Alamat Kantor Dinas Pertambangan, Energi dan
Sumber Daya Mineral provinsi sulawesi barat berada pada jl. H. Abd. malik
pattana endeng komp. Kantor gubernur sulawesi barat.
Gambar Kantor
Dinas Pertambangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Barat
Sumber: http://alamatkantorsulbar.blogspot.com/2012/01/alamat-kantor-dinas-pertambangan-energi.html
Gambar tampak
samping Kantor Dinas Pertambangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi
Sulawesi Barat
Sumber: http://alamatkantorsulbar.blogspot.com/2012/01/alamat-kantor-dinas-pertambangan-energi.html
Penerapan
konsep arsitektur neo vernakular pada bangunan ini mengambil konsep
vernakular dari rumah tradisional sulawesi yang sangat jelas terlihat pada
bentuk atap perisai dan permainan kolom yang ilegan seakan terkesan rumah
panggung tradisional sulawesi.
Gabungan gaya arsitektur moderen dengan
karateristik arsitektur tradisional sulawesi ini terlihat sangat dominan,
sehingga gaya arsitektur neo vernakularnya sangat jelas terlihat.
Alamat Kantor bupati kabupaten Sulawesi Barat terletak di Jl.
A. Yani, Pontianak.
Sumber : http://www.panoramio.com/photo_explorer#view=photo&position
Sumber : http://www.panoramio.com/photo_explorer#view=photo&position
Penerapan
konsep arsitektur neo vernakular pada bangunan ini menggunakan Unsur
lagam lokal Kalimantan Barat, dibuktikan dengan Style yang seakan akan
panggung. padahal bangunan ini tidak panggung .
I.
GAMBAR
HASIL RANCANGAN
Gambar Denah Lantai 1
Sumber
: Hasil Rancangan
Gambar Denah Lantai 2
Sumber :
Hasil Rancangan
Gambar
Denah Lantai 3
Sumber :
Hasil Rancangan
Gambar
Denah Lantai 4
Sumber :
Hasil Rancangan
Keberuntungan diawali dari kerja keras dan pantang semangat
ReplyDeleteHadir disini untuk kalian yang membutuhkan kami
Kunjungi www,pokerayam,co
info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A
ReplyDeleteDULUNYA AKU TIDAK PERCAYA SAMA BANTUAN DARI PERAMAL TOGEL,TAPI SEKARANG AKU SUDAH PERCAYA KARENA SAYA SUDA MEMBUKTIKA SENDIRI.KARNA ANGKA YG DIBERIKAN 4D (( 2247 ))BENAR2 TEMBUS 100LHAMBUHLILLAH DPT 670.JUTA.DAN SAYA SELAKU PEMAIN TOGEL,DAN KEPERCAYAAN ITU ADALAH SUATU KEMENANGAN DAN SAAT SKRAG SY TEMUKAN ORANG YG BISA MENGELUARKAN ANGKA2 GAIB YAITU AKI atau KILK DI SIINI BOCORAN TOGEL HRI INI 2D 3D 4D 5D 6D MANGKUBONO JIKA ANDA YAKIN DAN PERCAYA NAMANYA ANGKA GOIB ANDA BISA HUBUNGI LANSUNG/SMS AKI. DI NOMOR INI: 085 203 333 887 ATAU MELALUI WA DI: 085203333887 DAN SAYA SUDAH BUKTIKAN SENDIRI ANGKA GOIBNYA DEMI KEYAKINAN ANDA DISI.INI SEMOGA ANDA BISA SEPERTI SAYA SEKELUARGA SUDAH NAIK HAJI GARA GARA DIBANTU. AKI ARTIKEL INI SANGAT MEMBANTU SILAHKAN MAMPIR
wah bagus kaa artikel nya.. btw, sekarang sewa apartemen sudah murah dan mudah lho kaa. Fitur yang bisa didapatkan: foto apartemen dan informasi yang jelas dan lengkap, bisa dibayar bulanan, agen yang professional dan transparan. Yuk cobain tinggal di apartemen idaman mu..
ReplyDeleteSemangat Pagi, Salam Kenal Sukses selalu.
ReplyDeleteInformasi ini Untuk Anda Yg sedang Membutuhkan Jasa Konsultan.
.
"Kami Siap Menjadi Solusi Tepat Untuk Anda yang ingin Membuat Legalitas Usaha Anda"
😊🤝 Jasa Yang Kami Berikan Untuk Anda :
1. Pendirian PT, CV, Yayasan, Koperasi, PMA
2. Pembuatan SIUJK, SKUP MIGAS, SIUPL, KITAS, ISO, OHSAS, TDUP Restoran, Sertifikat Penjamah Makanan
3. Pembuatan Laporan Keuangan Bulanan dan Tahunan Usaha Anda
4. Pembuatan Laporan Pajak Bulanan dan Tahunan Perusahaan Anda
5. Pembuatan Website : - Company Profile - Web Bisnis
- Web Portal Berita
- E-Commerce ( Include POS, Live Chat WA & Tracking Order)
- Web Travel - Web Dealer Mobil
- Web Sales Automotif
- Web Toko Online untuk Usaha Anda (Bonus Aplikasi POS, Live Chat & Tracking Order)
- Blog Pribadi
6. Jasa SEO atau Optimasi Media Sosial untuk Usaha Anda agar tampil di Halaman 1 GOOGLE
7. Pembuatan Logo, Kop Surat, Brosur, Desain Spanduk, Company Profile Usaha Anda
Dll
Keunggulan Pembuatan Legalitas Usaha Anda di kami :
1. FREE KONSULTASI
2. PROSES CEPAT, RESPON CEPAT
3. GARANSI UANG KEMBALI
4. ANTAR JEMPUT DOKUMENT USAHA ANDA
5. KEPENGURUSAN LEGALITAS SELURUH WILAYAH PROVINSI INDONESIA
6. ANDA TINGGAL DUDUK MANIS TERIMA BERES SAJA
😎🤝🏻
Untuk Info Lebih Lanjut Silakan Hubungi saya Via :
WA/Chat :
TripleSo | 0813 1729 4062
TOGEL212
ReplyDeleteagen togel212
alamat togel212
alternatif togel212
angka jitu hk togel212
angka jitu togel212
angka main hk togel212
aplikasi togel212
TOGEL ONLINE
jayatogel
togel online
togel singapore online
togel online terpercaya
daftar togel online
togel online sgp
jaya togel keluaran hongkong
jaya togel sdy
bandar togel online
situs togel online
togel online org
nomor hongkong togel online
togel online deposit 50000
pengeluaran togel online
aplikasi togel online
online togel
judi togel online
BERKAH365
Berkah 365
liga Berkah365
link alternatif Berkah365
live chat Berkah365
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteterima kasih telah berbagi ilmu
ReplyDeletesilakan di coba untuk bermain agen taruhan bola online terpercaya Whizzi88 yang bekerja sama dengan SBOBET Indonesia
Kini Agen Judi Online Bolavita Menyediakan Segala Jenis Transaksi Deposit & Withdraw Menggunakan Dompet Digital (E-wallet) yang ada di Indonesia.
ReplyDeleteTersedia Judi Online Deposit Pakai Linkaja, Ovo, Dana, Sakuku. Gopay. Selain Menyediakan Judi Online Deposit Via Pulsa dan Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia.
Bolavita Menyediakan Judi Online Yang Cukup Lengkap. Antara Lain Adalah :
• Judi Sabung Ayam Live
• Judi Casino Live
• Judi Bola / Sportsbook
• Judi Slot Online
• Judi Bola Tangkas
• Judi Poker Online
• Judi Domino
• Judi Ceme / Capsa Susun
• Judi Tembak Ikan Online
• Judi Togel Online
Promo Bonus :
» Bonus Deposit Pertama 10%
» Bonus Deposit Harian 5%
» Bonus Cashback Sabtuan 5% - 10%
» Bonus Rollingan Sabtuan 0.8%
» Bonus Referral 7% + 2%
Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
Kontak Resmi (Online 24 Jam Setiap Hari) :
» Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
menang mudah main di situs resmi permainan kartu Online terlengkap terpercaya SARANAPELANGI
ReplyDeleteMembuat Blog menggunakan platform Blogspot sangatlah mudah dan tidak terlalu sulit. Kemampuan menggunakan Blog sebagai sumber untuk mendapatkan pasive income salah satunya adalah dengan mendaftarkan Blog menggunakan program Google Adsense.
ReplyDeletePOKERBET88 adalah situs resmi permainan kartu dan SLOT Online terbaik dan terlengkap yang memberikan banyak bonus kemenangan jutaan rupiah setiap hari, daftar dan main sekarang juga
ReplyDeleteI am extremely impressed womens white biker leather jacket with your writing skills as well as with the layout on your blog.
ReplyDelete