Sunday 12 August 2012

PERAN BATU BATA TERHADAP LINGKUNGAN

PERAN BATU BATA TERHADAP LINGKUNGAN


Batu bata adalah bahan bangunan yang telah lama dikenal dan dipakai oleh masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan yang berfungsi untuk bahan bangunan konstruksi. 

Semua orang tahu bahwa penggunaan bahan bangunan kontruksi pada umumnya menggunakan material batu bata.

akan tetapi, peran batu bata terhadap lingkungan sangat berefek terhadap lingkungan yang kita sayangi ini.

coba kita cerdasi bersama :
  1.  Pembuatan batu bata menggunakan tanah liat, pengambilan tanah tersebut dengan cara dikikisnya bukit dan gunung-gunung sedikit demi sedikit yang jelas-jelas merusak alam. Akibat dari ini semua berimbas kepada fauna dan flaura yang lama kelamaan akan berkurang dan akhirnya punah. disamping itu keindahan alam juga akan hilang sedikit demi sedikit akibat dari pengiskisan tadi.
  2. Pembakaran batu bata menggunakan kayu. Pada umumnya pengambilan kayu untuk proses pembakaran batu bata menggunakan kayu di pegunungan yang diperoleh secara illegal logging . Akibatnya jelas-jelas merugikan dari semua pihak. Karena Praktek illegal logging sudah barang tentu memiliki ekses negatif yang sangat besar. Secara kasat mata ekses negatif illegal logging dapat diketahui dari rusaknya ekosistem hutan. Rusaknya ekosistem hutan ini berdampak pada menurunnya atau bahkan hilangnya fungsi hutan sebagai penyimpan air, pengendali air yang dapat mencegah banjir juga tanah longsor. Sehingga rentan terhadap bencana kekeringan, banjir maupun tanah longsor. Di samping itu, illegal logging juga menghilangkan keanekaragaman hayati, berkurangnya kualitas dan kuantitas ekosistem dan biodiversity, dan bahkan illegal logging dapat berperan dalam kepunahan satwa alam hutan Indonesia.
  3. Pembakaran batu bata dapat menghasilkan asap yang jelas-jelas dapat merugikan semua orang akibatnya terjadi pencemaran udara sehingga menimbulkan udara yang tidak sehat.

Kesimpulan :
  1. penggunan material batu bata pada bangunan sudah barang tentu memiliki ekses negatif yang sangat besar.
  2. Kita sebagai arsitek yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap persoalan persoalan yang berkaitan dengan bangunan dan menjaga kelestarian alam, apa yang harus kita lakukan apabila hal ini terjadi.

a.     Apakah material batu bata yang digunakan sebagai kontruksi bangunan harus diganti.
b.  Kalau misalnya diganti, material apa yang kita gunakan yang bersifat ramah lingkungan.
c.    Apabila kita ganti sudah barang tentu berimbas kepada masyarakat yang mata pencahariannya pada produksi batu bata. Bagaimana kita mengatasi hal ini dengan catatan tidak berkurangnya lapangan kerja terutama bagi masyarakat yang sumber ekonominya dari produksi batu bata...

Note :
TOLONG SOLUSINYA TERUTAMA BAGI ARSITEK / CALON ARSITEK


TERIMAKASIH





0 komentar:

Post a Comment