Saturday 9 March 2013

TIPS MEMAJUKAN NEGARA


TIPS MEMAJUKAN NEGARA

Sebelum membaca tulisan ini penulis mengucapkan terimakasih kapada anda
karena telah mengunjungi laman ini,
semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.
Maka dari itu kritikan dan saran sangat saya harapkan demi untuk sempurnanya penulisan ini. Karena penulis berpikir pemaparan dalam tulisan ini bisa untuk sharring sesama anak bangsa yang sudah sewajarnya untuk kita tata bersama.

~ ~ ~ selamat membaca ~ ~ ~

            Di era persaingan pasar dan teknologi yang semakin meningkat, Indonesia masih bisa dikatagorikan sebagai negara yang tertinggal. Keterpurukan ekonomi masyarakat merupakan tantangan dan tanggung jawab kita sebagai warga negara untuk mengatasinya. Pemerintah berperan penting dalam menyelesaikan permasalahan ini, begitu juga peran mahasiswa sangat penting dalam membantu menuntaskan keterperukan ekonomi indonesia.
            Mungkin kita pernah berpikir “kapan kita bisa bermimpi negara kita maju”...?, ataupun “kapan negara kita merdeka dari kesenjangan ekonomi..?” sehingga masyarakat bisa menikmati kesejahteraan hidup. Maka dari itu kesadaran kita bersama sangat dibutuhkan oleh anak cucu kita.
            Pernahkah kita berfikir kenapa negara lain bisa maju tanpa memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah ?. kenapa kita yang sangat kaya dengan Sumber Daya Alam akan tetapi ekonomi Negara sangat rendah ?. sampai kapan kita hanya bisa menghasilkan bahan baku dan membeli hasil olahan bahan baku yang berasal dari negara kita sendiri ?. apakah anak bangsa kita semua bodoh ?. tidak adakah Sumber Daya Manusia di Negara kita ?. Hal itulah yang perlu kita pecahkan bersama demi bangsa, negara dan anak cucu kita nantinya.
            Coba kita renungkan bersama, negara kita memiliki SDA yang melimpah, tanah yang subur, panorama alam yang indah, kaya akan budaya dan semua kelebihan ada di negara kita bahkan tidak ada satu negara pun yang memilikinya. Tapi kenapa penderitaan masyarakat masih melanda kehidupan kita ?. begitu besar potensi yang kita miliki merupakan peluang untuk kita untuk merubah nasib negara.
            Ada beberapa hal yang mungkin merupakan kendala negara kita sehingga dalam persaingan dengan negara lain kita bisa tertinggal, yaitu:  
  1. Tenaga kerja dalam pemerintahan tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik, hal ini terjadi karena pembodohan karakter yang diciptakan dalam berbagai intansi baik di pendidikan maupun di pegawaian. 
    • Dari segi pendidikan, untuk seseorang bisa melanjutkan pendidikan masih adanya uang pelicin/pungli agar bisa melanjutkan studinya diberbagai sekolah atau perguruan tinggi sehingga melahirkan generasi kotor di negara ini. Sedangkan simiskin yang mempunyai skil yang hebat/pintar namun tidak mempunyai apa-apa bisa disingkirkan dengan sendirinya. Maka dari itu pembodohan karakter berhasil dilahirkan.
    •  Adanya pengadaan Paket C yang sederajat dengan SMA sehingga mereka bisa menggunakannya untuk melamar kerja, sehingga terciptalah pekerja yang tidak berpendidikan
    • · Begitu juga dari kepegawaian negara, banyak PNS yang bodoh disebabkan oleh penyogokan untuk bisa menjadi PNS. Sehingga terciptalah sampah diberbagai dinas pemerintahan, baik yang bekerja diperkantoran, pendidikan, kesehatan, militer dan lain sebagainya. 
  2. Tidak mengutamakan keahlian/skil seseorang karena cendrung dinilai dari nilai yang mereka peroleh dari sekolah maupun perguruan tinggi sehingga yang menjadi tolak ukur merupakan kertas penilaian tersebut. Padahal kenyataannya nilai yang mereka peroleh belum tentu bisa dipertanggung jawabkan di dunia kerja.
  3. Tidak memfasilitasi orang jenius dengan baik sehinnga mereka enggan untuk bekerja bagi negara, dan lebih cendrung untuk memilih berkarya di negara lain dikarenakan mereka merasa sangat dihargai dan difasilitasi dengan baik sehingga mereka merasa lebih nyaman di negara tersebut.
Maka dari berbagai permasalahan tersebut penulis mencoba untuk menguraikan beberapa tips untuk memajukan negara kita, yaitu sebagai berikut:
  1.  Ikuti negara maju dalam mengkoordinir negaranya, lakukan seperti apa negara lain lakukan. Karena orang sukses bisa sukses apabila mengerjakan apa yang orang sukses lakukan. Begitu juga halnya dalam memajukan negara kita. Akan tetapi hal ini bisa dilakukan apabila kita tidak mampu berpikir dengan hal yang lebih kreatif dan jenius.
  2. Dewasakan pemikiran dalam memimpin, apabila kita sadar akan keterbatasan ide dalam pengembangan negara maka ajaklah orang lain yang lebih mampu untuk menyumbangkan ide kreatif sehingga terciptanya lapangan kerja yang mampu menyikapi keterpurukan ekonomi negara kita.
  3. Manfaatkan potensi dan kelebihan suatu wilayah sebagai sumber pendapatan.
  4. Utamakan dunia pendidikan di negara kita yang nantinya akan menjadi ekstafet yang memegang kekuasaan yang lebih handal, sehingga terciptanya anak bangsa yang berpendidikan dan pintar yang mampu memberikan ide yang cemerlang dalam memajukan negara.
  5. Utamakan anak negeri yang bekerja dalam berbagai intitusi.
  6. Jangan sampai negara kita yang memilki SDA yang melimpah, akan tetapi orang lain yang menguntungkan dari hasil kekayaan kita. Mulailah mengkoordinir sendiri, tingkatkat tenaga didik yang terampil dari anak bangsa.
  7. Kerjasama dengan Infestor luar untuk berinfestasi kenegara kita, cerdasi secara mendetail dalam hubungan kerjasama tersebut supaya kita tidak dirugikan.
  8. Lengkapi fasilitas kota yang layak, baik berupa infrastruktur dan fasilitas penunjang kota seperti pasar, rumah sakit, pendidikan dan kebutuhan pokok lainnya. guna untuk infestor betah berbisnis di Negara kita, karena keberadaan mereka sangat membantu keterpurukan ekonomi negara kita.
  9. Lestarikan Panorama alam yang sangat indah di berbagai penjuru negara kita sebagai tempat wisata, sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah dengan datangnya wisatawan dari berbagai negara.
  10. Jangan biasakan memberi bantuan berupa uang kepada masyarakat miskin, akan tetapi pergunakan uang itu untuk membuka lapangan kerja kepada mereka. Maka dari itu mereka akan terlatih untuk bangkit dari kemiskinan. Apabila bantuan yang diberikan berupa uang kebanyakan besar mereka tidak bisa memanfaatkannya dengan baik sehingga uang itu habis dengan sia-sia.
  11. Negara kita merupakan negara Penghasil bahan baku terbanyak, akan tetapi untuk peningkatan ekonomi negara, industri untuk mengolah bahan baku sudah barang tentu sangat dibutuhkan. Hal ini dapat mendongkrak perekonomian negara menjadi lebih baik.
  12. Mulailah negara kita harus memiliki produksi nasional, sehingga kita tidak ketergantungan dari produksi luar negeri. Utamakan anak bangsa dalam dalam industri ini. Ajarkan mereka sehingga mereka mampu menciptakan seperti negara lain ciptakan atau bahkan melebihinya.
  13. Mulailah persaingan di pasar internasional, sudah cukup kita sebagai konsumen sejati. Beralihlah menjadi produsen sehingga produk kita bisa membanjiri pasar internasional.
Dari beberapa uraian diatas apabila bisa dikoordinir dengan baik maka insyaallah negara kita akan mencapai kejayaannya. terbukanya lapangan kerja,  Penggangguran akan terminimalisir dan taraf hidup masyarakat akan sejahtera.

0 komentar:

Post a Comment